PGMI

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) adalah salah satu program studi yang dimiliki oleh STIT Muhammadiyah Bojonegoro yang mempunyai tujuan sebagai berikut :

TUJUAN PRODI PGMI

  1. Menyiapkan guru Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kepribadian muslim, kompetensi akademik, pedagogik, sosial, dan profesional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan keislaman dan kependidikan Madrasah Ibtidaiyah dalam rangka memajukan Islam yang berkemajuan  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan umat manusia.
  3. Mengembangkan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur yang diridai Allah Swt.
  4. Mewujudkan sarjana muslim yang berakhlaq mulia, cakap, percaya diri sendiri, berguna bagi masyarakat dan negara serta beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah Swt.

Prodi PGMI memiliki 6 Dosen yang mempunyai kualifikasi akademik S2 pada bidang Pendidikan Dasar (Madrasah Ibtida’iyah) yang semuanya merupakan lulusan dari Universitas Negeri yakni Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universita Pendidikan Indonesia (UPI).

VISI

“Unggul dan profesional dalam penyelenggaraan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah untuk menghasilkan guru MI/SD yang kompeten dalam keislaman keilmuan, dan keterampilan sampai tahun 2025“ .

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berbasis kurikulum yang integratif untuk menghasilkan lulusan yang unggul secara profesional, keilmuan, keterampilan, dan berkepribadian Islam.
  2. Meningkatkan kompetensi, kualifikasi, dan profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Memberikan pelayanan akademik dan non akademik yang bermutu dan prima kepada seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  4. Menjamin kualitas akademik dan non akademik dengan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal dengan melakukan audit mutu internal (AMI) program studi.
  5. Meningkatkan mutu dan relevansi kurikulum pendidikan, tema penelitian, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya peran aktif dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  6. Melaksanakan tata kelola program studi secara kolektif, kolaboratif, demokratis, partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Muhammadiyah Bojonegoro  adalah :

  1. Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompeten, dan profesional.
  2. Tata kelola Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sehingga dapat menjadi prodi unggul dan rujukan bagi institusi lain.
  3. Infrastruktur sarana dan prasarana perkuliahan sesuai dengan rasio mahasiswa dan dosen.
  4. Mutu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang relevan dengan dinamika perubahan zaman.
  5. Tersedianya sumber dana dan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.
Share this :